Kamis, 27 Oktober 2016

D'Academy Asia

D'Academy Asia  
D'Academy Asia atau disingkat DAA (nama lain atau kepanjangan dari Dangdut Academy Asia) adalah acara realitas musik dan ajang pencarian bakat penyanyi dangdut terbesar di Asia yang diciptakan oleh Indra Yudhistira dan diproduksi oleh Indonesia Entertainmen Produksi, acara ini ditayangkan di Indosiar. Selain itu, acara ini juga membangkitkan rasa cinta terhadap musik dangdut di negara-negara tetangga khusunya Asia. Dangdut sempat mati di Malaysia, tapi karena acara ini, lagu dangdut mulai diputar di radio-radio dan dibuatnya program serupa Dangdut Star. Kondisi serupa juga dialami oleh Brunei Darussalam yang semula musik dangdut hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu, tetapi sekarang musik dangdut mulai digemari oleh anak-anak muda. Tak jauh berbeda di Singapura pun mulai melirik keberadaan lagu dangdut, bahkan dangdut didaulat menjadi opening act dalam ajang Anugerah Planet Muzik di sana.

Seluruh peserta D'Academy Asia yang telah lolos terseleksi di negara masing-masing di babak audisi akan dikarantina di sebuah asrama dan diberikan pelatihan-pelatihan berupa koreografi, olah vokal, perfomance, personalitas, dan tata busana oleh beberapa guru pada bidangnya masing-masing. Guru yang terlibat yaitu Adibal Sahrul untuk pelatih vokal dan musim kedua ditambah Erie Suzan. Seluruh peserta D'Academy Asia yang telah lolos terseleksi setiap minggunya akan diadu dalam babak-babak yang telah ditentukan hingga menuju malam grand final di D'Academy Asia. Penampilan para peserta akan dinilai oleh para juri dan komentator yang diambil dari kalangan penyanyi papan atas dari masing-masing negara yang turut berkompetisi. Peserta yang bertahan atau tersenggol ditentukan berdasarkan penilaian dari para juri, peserta akan menerima nilai yang diberikan oleh para juri untuk mengetahui kualitas mereka. Pemenang ajang pencarian bakat ini, akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar 150 juta, tiket pesawat ke luar negeri, dan 2 tiket menginap di hotel mewah dari Royal Brunei. Selain itu, mereka juga diberi sebuah lagu kemenangan.

Acara ini mulai tayang perdana pada tanggal 16 November 2015 untuk musim pertamanya dan berakhir pada tanggal 29 Desember 2015. Musim keduanya berlangsung pada tanggal 23 Oktober 2016. D'Academy Asia menjadi nominasi Panasonic Gobel Awards 2016 untuk kategori Pencarian Bakat & Reality Show Terbaik.

Pembawa Acara

Pembawa acara yang didaulat untuk mengisi acara adalah Ramzi, Rina Nose, Irfan Hakim, dan Andhika Pratama sama seperti formasi awal mereka saat mengisi acara musim kedua dari Dangdut Academy Indonesia. Disetiap mengisi acara mereka selalu menjuliti para komentator dan peserta. Kekompakan merekapun selalu ditonjolkan untuk selalu menghibur setiap pemirsa yang menyaksikan acaranya. Pada awal acara, perolehan rating yang didapat pun cukup maksimal dan selalu stabil di posisi atas, namun di akhir acara menduduki puncak rating, dan semua itu juga berkat kekompakan para pembawa acara yang selalu menghidupkan acara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar